Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11378
Title: Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence Pada Materi Bilangan Bulat Smp
Authors: Sarah, May
Keywords: Modul;Multiple intelligence
Issue Date: 4-Oct-2019
Abstract: Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di temukan bahwa bahan ajar yang digunakan di sekolah tersebut kurang bervariasi sehingga peserta didik kurang memahami materi yang disampaikan serta rendahnya kecerdasan majemuk sehingga menghambat pemahaman pesera didik terhadap konsep yang di pelajari terutama pada materi bilangan bulat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul pembelajaran berbasis Multiple intelligence yang valid, praktis dan layak digunakan okeh peserta didik. Penelitian pengembangan ini mengikuti alur penelitian pengembangan 4-D yang memiliki empat tahap yaitu pendefenisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develope), penyebaran (Assesment). Namun, pada penelitian ini peneliti hanya sampai pada tahap ketiga saja. Instrumen yang digunakan adalahinstrumen identifikasi kecerdasan pesera didik, instrumen validasi ahli dan instruemn respon peserta didik. Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif dengan melihat aspek yang dinilai. Berdasarkan hasil identifikasi kecerdasan peseerta didik bahwa kecerdasan yang lebih dominan dimilki peserta didik adalah kecerdasan linguistik, kecerdasan logis matematis dan kecerdasan visual spasial. Berdasarkan hasil uji ahli media dan ahli materi, Modul yang dikembangkan memiliki validitas yang baik. Respon peserta didik terhadap modul yang di kembangkan sangat baik yaitu sangat menarik dan mudah digunakan. Berdasarkan hasil penelitian, modul pembelajaran berbasis multiple intelligence yang di kembangkan valid dan layak untuk digunakan oleh pesera didik.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11378
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MAI SARAH.pdf4.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.