Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11325
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPutri, Lussy Antika-
dc.date.accessioned2020-11-14T02:58:19Z-
dc.date.available2020-11-14T02:58:19Z-
dc.date.issued2019-10-01-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11325-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Treffinger efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SMP Istiqlal Deli Tua Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Istiqlal Deli Tua Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 60 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX-2 berjumlah 30 siswa sebagai kelas Eksperimen dan kelas IX-5 berjumlah 30 siswa sebagai kelas Kontrol. Untuk kelas eksperimen pembelajaran dengan menggunakan model Treffinger sedangkan kelas control pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Instrument yang digunakan berbentuk tes soal dengan menggunakan kelas IX-2 sebagai uji instrument. Berdasarkan analisis data dalam diperoleh bahwa terdapat perbedaan antara rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model Treffinger dengan model pembelajaran langsung dilihat berdasarkan uji gain ternormalisasi pada kelas eksperimen sebesar 70% tergolong Tinggi dan kelas Kontrol sebesar 33% tergolong sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Treffinger Efektif dalam Meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SMP Istiqlal Deli Tua Tahun Pelajaran 2019/2020.en_US
dc.subjectModel Treffingeren_US
dc.subjectHasil Belajar Matematikaen_US
dc.titleEfektifitas Model Pembelajaran Treffinger dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMP Istiqlal Deli Tua Tahun Pelajaran 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI LUSSY ANTIKA PUTRI.pdf5.04 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.