Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1130
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Vina, Tri | - |
dc.date.accessioned | 2020-03-01T08:34:59Z | - |
dc.date.available | 2020-03-01T08:34:59Z | - |
dc.date.issued | 2019-09-19 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1130 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan konseling kelompok dalam mengeskplorasi kemampuan berempati siswa kelas VIII MTs ALIttihadiyah Medan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang terlibat langsung melakukan layanan konseling kelompok, dan bekerjasama dengan guru Bimbingan dan Konseling, Objek dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa kelas VIII yang kurang dalam mengeksplorasi kemampuan berempati. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan konseling kelompok sangat efektif dalam mengeksplorasi kemampuan berempati siswa di kelas VIII dengan melihat hasil evaluasi kegiatan konseling kelompok yaitu Laporan Penilaian Segera (LAISEG) yang menjukkan bahwa pada pertemuan pertama 40%, pertemuan kedua 60%, pertemuan ketiga 80%. Dapat disimpulkan siswa sudah mampu dalam mengeksplorasi rasa empati dan siswa dapat mengambil tindakan dalam pengentasan masalah pada dirinya. | en_US |
dc.subject | Layanan Konseling Kelompok | en_US |
dc.subject | Mengeksplorasi Kemampuan Berempati | en_US |
dc.title | Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok Terhadap Empati Siswa Kelas Viii Mts Al - Ittihadiyah Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Guidance and Counseling |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
skripsi tri.pdf | Fulltext | 7.16 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.