Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11286
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Terhadap Hasil dan Keaktifan Belajar Siswa SMP Swasta PAB 3 Saentis T.P 2019/2020
Authors: Lisnawati
Keywords: Hasil Belajar Siswa;Keaktifan Belajar Siswa;Model Circuit Learning
Issue Date: 28-Sep-2019
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil dan keaktifan belajar siswa SMP Swasta PAB 3 Saentis T.P 2019/2020 dengan model pembelajaran ekspositori.(2)Bagaimana hasil dankeaktifan belajar siswa SMP Swasta PAB 3 Saentis T.P 2019/2020 dengan model pembelajaran circuit learning. (3) Apakah hasil dan keaktifan belajar siswa dengan model pembelajaran circuit learning lebih baik dari hasi dan keaktifan belajar siswa dengan model pembelajaran ekspositori pada siswa SMP Swasta PAB 3 Saentis T.P 2019/2020.Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan hasil dan keaktifan belajar siswa dengan model pembelajaran ekspositori pada siswa SMP Swasta PAB 3 Saentis T.P 2019/2020. (2) Untukmendeskripsikan hasil dan keaktifan belajar siswa dengan model pembelajaran circuit learning pada siswa SMP Swasta PAB 3 Saentis T.P 2019/2020. (3) untuk mendeskripsikan apakah hasil dan keaktifan belajar siswa dengan model pembelajaran circuit learning lebih baik dari model pembelajaran ekspositori pada siswa SMP Swasta PAB 3 Saentis T.P 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta PAB 3 Saentis yang berjumlah 170 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 27 siswa dan kelas VIII-5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu tes awal (Pre-Test) dan tes akhir (Post-Test). Teknik analisis data mengumpulkan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Dan untuk hasil belajar siswa peneliti menggunakan uji hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung(3,9433) setelah dibandingkan dengan ttabel (1,671). Ternyata nilai thitung > ttabel atau 3,9433>1,671. Serta untuk keaktifan belajar siswa peneliti juga menggunakan uji hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung(2,9684) setelah dibandingkan dengan ttabel (1,671). Ternyata nilai thitung > ttabel atau 2,9684 >1,671. sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti hasil dan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran circuit learning lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran ekspositori pada siswa SMP Swasta PAB 3 Saentis T.P 2019/2020.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11286
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI LISNAWATI.pdf4.59 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.