Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1125
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNasution, Rosmiratama-
dc.date.accessioned2020-03-01T08:32:23Z-
dc.date.available2020-03-01T08:32:23Z-
dc.date.issued2019-10-03-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1125-
dc.description.abstractModel pembelajaran PACE merupakan singkatan dari Proyek (Project), Aktivitas (Activity), pemebelajaran kooperatif (Cooperative Learning), dan Latihan (Exercise). Siswa yang diajarkan oleh model PACE jauh lebih terlibat dalam pembelajaran aktif melalui kerja kelompok dan diskusi kelas. Dengan menggunakan model PACE siswa memiliki kesempatan untuk terlibat aktif dalam pengkajian materi serta mampu menemukan dan memahami konsep matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran PACE dalam meningkatkan pembuktian matematis siswa SMP Harapan Mekar Medan T.p. 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran PACE berpengaruh dalam meningkatkan pembuktian matematis siswa SMP Harapan Mekar Medan T.P. 2019/2020 pada materi Himpunan. Metode yang digunakan adalah metode deskrisi kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Harapan Mekar Medan, sedangkan yang menjadi sampel adalah siswa kelas VII-A yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII-B SMP Harapan Mekar Medan yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen. Dari hasil penelitian dengan menggunakan uji hipotesis yang menggunakan uji t diperoleh harga thitung = 2,437 dan harga ttabel = 2,00575. Karena thitung > ttabel maka diproleh H0 ditolak dan Ha diterima. Rata-rata hasil belajar model PACE sebesar 74,52 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran PACE dalam meningkatkan kemampuan pembuktian matematis siswa SMP Harapan Mekar Medan T.p. 2019/2020.en_US
dc.subjectModel PACEen_US
dc.subjectKemampuan Pembuktian Matematisen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Pace Dalam Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis Siswa Smp Harapan Mekar Medan T.P. 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ROSMI.pdfFulltext4.34 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.