Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11161
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorGunawan, Hendra-
dc.date.accessioned2020-11-13T07:37:12Z-
dc.date.available2020-11-13T07:37:12Z-
dc.date.issued2018-02-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11161-
dc.description.abstractMotor diesel adalah salah satu dari Internal Combustion Engime (mesin pembakaran dalam) dimana untuk melakukan proses pembakaran membutuhkan kompresi tinggi, proses yang terjadi diruang bakar dipengaruhi oleh bahan bakar, volume total silinder, panjang langkah dan diameter torak. Dari hal tersebut peneliti ingin mengetahui pengaruh volume silinder dengan cara memvariasikan gasket Head Cylinder. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen, penelitian ini menggunakan bahan bakar solar + LPG, putaran maksimal dan variasi gasket Head Cylinder. Untuk mengukur tekanan kompresi menggunakan alat Compression Test, untuk mengukur torsi menggunakan Brake Dynamometer, untuk mengukur putaran mesin menggunakan sensor rpm dan untuk mengukur volume total silinder dengan jangka sorong. Dari hasil analisa yang didapat pada 2343 rpm pengujian gasket Head Cylinder standart tekanan kompresinya 21 bar volume total silinder 401,92 cc menghasilkan torsi 15,59 N.m, daya 3,82 kW dan daya indikatif 16,8 Kw. Pada 2458 rpm pengujian variasi gasket Head Cylinder 0,80 mm tekanan kompresinya 22 bar dengan bahan bakar solar + LPG, volume total Head Cylinder 405,93 cc menghasilkan torsi 16,47 N.m, daya 4,23 Kw dan daya indikatif 18,65 kW. Pada 2372 rpm pengujian variasi gasket Head Cylinder 1,80 mm tekanan kompresinya 19,5 bar volume total silinder 410,96 cc dengan bahan bakar solar + LPG, menghasilkan torsi 16,23 N.m, daya 4,02 Kw dan daya indikatif 16,15 Kw. Berdasarkan hasil eksperimen, semakin tebal gasket Head Cylinder semakin rendah kompresinya namun volume total silindernya semakin besar begitu juga sebaliknya menggunakan gasket Head Cylinder yang lebih tipis.en_US
dc.subjectKompresien_US
dc.subjectVolume Totalen_US
dc.subjectVariasi Gasket Head Cylinderen_US
dc.titleAnalisa Variasi Gasket Head Cylinder Terhadap Kompresi Motor Diesel Satu Cylinder Dengan Bahan Bakar Ganda (SOLAR-LPG)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mechanical Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI HENDRA GUNAWAN.pdf2.54 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.