Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11095
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Julianti, Evi | - |
dc.date.accessioned | 2020-11-13T05:01:19Z | - |
dc.date.available | 2020-11-13T05:01:19Z | - |
dc.date.issued | 2018-10-19 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11095 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks eksposisi Siswa Kelas X ADP SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2018/2019, untuk mengetahui model pembeelajaran coperative learning Siswa Kelas X ADP SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2018/2019 dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning terhadap kemampuan menulis teks eksposisi Siswa Kelas X ADP SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah menengah SMK Swasta Persiapan Stabsat Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X ADP yang terdiri dari 4 kelas yaitu: kelas ADP-1 yng terdiri dari 37 orang siswa, kelas X ADP ADP-2 yang terdiri dari 37 orang siswa, kelas X ADP ADP-3 yang terdiri dari 45 siswa, dan kelas X ADP ADP-4 yang terdiri dari 45 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X ADP-1 yang berjumlah 37 orang siswa. Rata-rata kemampuan menulis siswa Kelas X ADP SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2018/2019 dengan menggunakan metode konvensional adalah 72,97.Rata-rata kemampuan menulis siswa Kelas X ADP SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2018/2019 dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation adalah 85,68. Terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation terhadap kemampuan menulis teks eksposisi. Berdasarkan uji t dengan membandingkan harga thitung dengan ttabel diperoleh thitung > ttabel atau 4,812 > 1,690, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, artinya Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation lebih baik digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa Kelas X ADP SMK Swasta Harapan Stabat tahun pembelajaran 2018/2019 dibandingkan dengan metode konvensional. | en_US |
dc.title | Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X ADP SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2018/2019 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Indonesian Language Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI EVI JULIANTI.pdf | 3.63 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.