Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11095
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorJulianti, Evi-
dc.date.accessioned2020-11-13T05:01:19Z-
dc.date.available2020-11-13T05:01:19Z-
dc.date.issued2018-10-19-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/11095-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks eksposisi Siswa Kelas X ADP SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2018/2019, untuk mengetahui model pembeelajaran coperative learning Siswa Kelas X ADP SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2018/2019 dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning terhadap kemampuan menulis teks eksposisi Siswa Kelas X ADP SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah menengah SMK Swasta Persiapan Stabsat Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X ADP yang terdiri dari 4 kelas yaitu: kelas ADP-1 yng terdiri dari 37 orang siswa, kelas X ADP ADP-2 yang terdiri dari 37 orang siswa, kelas X ADP ADP-3 yang terdiri dari 45 siswa, dan kelas X ADP ADP-4 yang terdiri dari 45 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X ADP-1 yang berjumlah 37 orang siswa. Rata-rata kemampuan menulis siswa Kelas X ADP SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2018/2019 dengan menggunakan metode konvensional adalah 72,97.Rata-rata kemampuan menulis siswa Kelas X ADP SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2018/2019 dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation adalah 85,68. Terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation terhadap kemampuan menulis teks eksposisi. Berdasarkan uji t dengan membandingkan harga thitung dengan ttabel diperoleh thitung > ttabel atau 4,812 > 1,690, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, artinya Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation lebih baik digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa Kelas X ADP SMK Swasta Harapan Stabat tahun pembelajaran 2018/2019 dibandingkan dengan metode konvensional.en_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X ADP SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2018/2019en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI EVI JULIANTI.pdf3.63 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.