Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10996
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSyafitri, Silvia-
dc.date.accessioned2020-11-13T02:53:14Z-
dc.date.available2020-11-13T02:53:14Z-
dc.date.issued2018-04-05-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10996-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media realia terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Medan tahun pembelajaran 2017-2018. Populasi ini seluruh siswa kelas VII berjumlah 89 siswa. Sampel penelitian adalah kelas VII B yang ditetapkan menjadi kelas eksperimen 29 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis teks laporan hasil observasi . Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan menulis teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan media realia memperoleh nilai rata-rata 53,44. Sementara kemampuan menulis teks laporan hasil observasi sesudah menggunakan media realia memperoleh nilai rata-rata 75,68. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung= 23,77 kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan dk = (N1 – 1) = 28 ternyata thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 23,77 > 1,70 sehingga hipotesis diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh media realia terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Medan tahun pembelajaran 2017-2018.en_US
dc.subjectPengaruh Media Realiaen_US
dc.subjectKemampuan Menulisen_US
dc.subjectTeks Laporan Hasil Observasien_US
dc.titlePengaruh Media Realia Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Oleh Siswa Kelasviismp Muhammadiyah 8 Medan Tahun Pembelajaran2017- 2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SILVIA SYAHFITRI.pdf1.74 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.