Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10994
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRizkiandi, Abimanyu-
dc.date.accessioned2020-11-13T02:51:22Z-
dc.date.available2020-11-13T02:51:22Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10994-
dc.description.abstractMobil hemat energi adalah mobil dimana penggunaan bahan bakar lebih hemat daripada mobil biasa. Dalam penelitian kali ini untuk memenuhi syarat hemat energi, maka dibuatlah sebuah intrumen pengujian untuk melihat efesiensi energi dari mobil berdasarkan aerodinamis dan berat yang terjadi. Dalam pengujiannya digunakan 3 buah prototipe mobil hemat energi yang berbeda bentuk bodinya. Intrumen pengujian itu terdiri dari 2 intrumen yaitu, Manometer U yang digunakan untuk melihat tekanan angin yang terjadi apabila mobil sedang berjalan dan instrumen gaya dorong untuk melihat berat mobil yang telah dilengkapi oleh arduino UNO yang dibantu oleh sensor load cell yang terhubung ke sebuah laptop. Setelah melaksanakan pengujian didapatkan nilai koefisien gesek yang terjadi dari ketiga prototipe tersebut, dimana prototipe bewarna kuning mempunyai nilai koefisien gesek tertinggi 0,1594007 dan gaya aksi reaksi tertinggi 209,1597 N, prototipe bewarna hijau mempunyai nilai koefisien gesek tertinggi 0,0149649 dan gaya aksi reaksi tertinggi 110,145 N, prototipe bewarna hijau mempunyai nilai koefisien gesek tertinggi 0,0192631 dan gaya aksi reaksi tertinggi 70,5709 N.en_US
dc.subjectMobil Hemat Energien_US
dc.subjectAerodinamisen_US
dc.subjectIntrumen Pengujianen_US
dc.titleInstrumen Pengujian Aerodinamis Pada Prototipe Mobil Hemat Energien_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mechanical Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
abimanyurizkiandi_skripsi.pdf3.42 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.