Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10976
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorYour, Onie Arifin-
dc.date.accessioned2020-11-13T02:15:05Z-
dc.date.available2020-11-13T02:15:05Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10976-
dc.description.abstractKomunikasi merupakan suatu hal yang sangat mendasar dalam kehidupan manusia. Komunikasi guru dan murid memiliki peranan penting untuk mencapai tujuan pembelajaran yang baik dan efektif. Komunikasi antara guru dengan peserta didik yang normal dalam proses pembelajaran sudah biasa dilakukan akan tetapi bagaimana dengan komunikasi antara guru dengan murid yang mengalami gangguan pendengaran (Tuna Rungu) dalam proses pembelajaran. Sekolah Luar Biasa-B Karya Murni Medan merupakan sekolah yang peserta didiknya mengalami gangguan pendengaran. SLB-B Karya Murni Medan tetap menggunakan sistem pembelajaran yang serupa dengan sekolah normal tetapi tentunya menggunakan sistem pengajaran yang berbeda. Teori yang digunakan dalam penelitian ini tentunya mengguankan teori Komunikasi sebagai Grand Theory, dan teori lainnya sebagai pendukung dari penelitian ini, seperti teori tunarungu, bahasa isyarat, pola komunikasi guru dan murid tunarungu. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu berdasarkan data-data yang diperoleh dari sumber-sumber tertulis mengenai pokok permasalahan yang akan dikaji. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa pola komunikasi yang dipergunakan oleh para guru untuk berkomunikasi dengan siswa adalah menggunakan komunikasi interpersonal (komunikasi antar pribadi) dan komunikasi kelompok. Komunikasi interpersonal dengan pola komunikasi kelompok sebagai interaksi yang diterapkan di sekolah tersebut berjalan efektif dalam proses belajar mengajar. Sistem mengajar yang menggunakan alat bantu seperti gambar-gambar dan film serta balon percakapan.en_US
dc.subjectKomunikasi Antar Guruen_US
dc.subjectSiswa Tunarunguen_US
dc.titlePola Komunikasi Antar Guru Dengan Siswa Tunarungu Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah Luar Biasa–B Karya Murni Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf1.11 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.