Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10968
Title: Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bernyanyi Di Ra Ar-Rahmah Di Desa Rahuning Kecamatan Rahuning Kabupaten Asahan
Authors: Siregar, Suhanna
Keywords: Kemampuan berbahasa;Metode Bernyanyi
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di RA ArRahmah Desa Rahuning Kecamatan Rahuning Kabupaten Asahan Tahun Ajaran 2017/2018 pada kelompok B dengan jumlah 15 Anak, terdiri dari 6 orang anak perempuan dan 9 orang anak laki-laki. Tujuan penelitian ini adalah untuk kemampuan berbahasa anak melalui metode bernyanyi, terdiri dari kemampuan anak dalam menyimak kata-kata, kemampuan anak dalam mengucapkan kata-kata, dan kemampuan anak dalam mengekspresikan kata-kata. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Untuk setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setelah penelitian tindakan kelas dilakukan sampai siklus III, diperoleh hasil bahwa kemampuan anak menyimak katakata berkembang sesuai harapan 33%, berkembang sangat baik 66,66%. Kemampuan anak mengucapkan kata-kata berkembang sesuai harapan 33,33%, berkembang sangat baik 46,66%. Kemampuan anak mengekspresikan kata-kata berkembang sesuai harapan sebesar 40%, berkembang sangat baik 46,66%. Total ketuntasan belajar anak sebesar 88,88%, hal ini jauh meningkat jika dibandingkan dengan pra siklus 33,33%, Siklus I 46,66% dan siklus II 66,66%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa, kemampuan berbahasa anak dapat meningkat setelah dilaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan metode bernyanyi dengan tingkat ketuntasan sebesar 88,88%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10968
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi suhanna full.pdf2.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.