Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10950
Title: Upaya Meningkatkan Konsep Sains Melalui Metode Demonstrasi di RA AlQur'an Ulfah Padang Sidimpuan
Authors: Nurlina
Keywords: Konsep Sains;Metode;Demonstrasi
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: rendahnya pemahaman sebagian besar anak dalam kegiatan sains RA Al-Quran Ulfah Padang Sidimpuan. Selain itu, penerapan sains dalam prakteknya sulit dilakukan anak. Hal ini sesuai dengan kondisi di lapangan bahwa anak hanya sebatas mengetahui yang telah ada, tanpa memahami dengan jelas secara konsep. Anak cenderung tidak mengetahui dari mana sesuatu itu berasal.Anak kurang memiliki kemampuan dalam mengamati dan praktek langsung dalam pembelajaran sains. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsep sains melalui metode demonstrasi di RA Al-Quran Ulfah Padang Sidimpuan. Prosedur penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, untuk mendapatkan data dan analisis melalui observasi, tanya jawab, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui tiga siklus yang dirancang secara sistematis dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 30 anak di RA Al-Quran Ulfah Padang Sidimpuan.Tahun Pelajaran 2018-2019. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tanya jawab dan dokumentasi. Hasil analisis data pada grafik prasiklus berhasil mencapai nilai rata-rata 20%, siklus I: 31.66%, Siklus II:70.91% dan Siklus III 85.83%. Simpulan penelitian ini adalah melalui Melalui Metode Demonstrasidapat meningkatkan konsep sains di Kelompok B RA AlQuran Ulfah Padang Sidimpuan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10950
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_NURLINA 2.pdf1.66 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.