Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10944
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHasibuan, Nurhabibi-
dc.date.accessioned2020-11-13T01:24:30Z-
dc.date.available2020-11-13T01:24:30Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10944-
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Latar belakang penelitian ini berdasarkan pengamatan peneliti sebagai guru di RA Al-Arifin Rahuning Kabupaten Asahan bahwa rasa percaya diri anak masih rendah, terlihat bahwa anak masih bergantung kepada orang lain, anak tidak dapat bersosialisasi dengan berbagai kondisi, anak belum memiliki pengendalian diri yang baik, tidak saling menghargai antar sesama manusia, tidak mampu menghadapi berbagai permasalahan, dan tidak berani melakukan sesuatu atau mengeluarkan pendapat. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah “Apakah melalui metode bermain peran dapat meningkatkan rasa percaya diri pada anak RA Al-Arifin Rahuning Kabupaten Asahan”?. Tujuan penelitian ini adalah untuk rasa percaya diri anak melalui metode bermain peran pada anak RA Al-Aifin Rahuning Kabupaten Asahan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya meningkatkan rasa percaya diri anak melalui metode bermain peran pada anak RA Al-Arifin Rahuning Kabupaten Asahan dapat ditingkatkan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan keberhasilan minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan peningkatan keberhasilan pada anak yaitu pada pra siklus 21,9%, selanjutnya siklus I rata-ratanya adalah 42,2%, pada siklus II terjadi peningkkatan dengan rata-rata, 85,9%, selanjutnya pada siklus III rata-rata yang diperoleh anak adalah 93,75%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dinyatakan bahwa penelitian yang telah dilakukan melalui metode bermain peran dapat meningkatkan rasa percaya diri anak usia dinien_US
dc.subjectRasa Percaya Dirien_US
dc.subjectBermain Peranen_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak RA Al-Arifin Rahuning Kabupaten Asahanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FULL NURHABIBI 123.pdf2.11 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.