Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10920
Title: | Upaya Meningkatkan Keaktifan Anak Melalui Kegiatan Koreksi Berpasangan Pada Anak Kelompok B Di RA AlIkhlas |
Authors: | Megawati |
Keywords: | Keaktifan;Koreksi Berpasangan |
Issue Date: | 20-Mar-2018 |
Abstract: | Tujuan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan adalah untuk meningkatkan keaktifan anak di RA Al-Ikhlas. Subjek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 15 anak. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas melalui tiga siklus dengan alat instrumen penilaian lembar observasi anak. Berdasarkan hasil tindakan diketahui bahwa keaktifan anak kelompok B di RA Al-Ikhlas Labuhan Batu dapat ditingkatkan melalui kegiatan koreksi berpasangan yang dilakukan dengan prosedur dan mekanisme yang tepat. Tingkat keaktifan anak kelompok B di RA Al-Ikhlas Labuhan Batu sebelum tindakan atau prasiklus hanya mencapai angka 25,00 % dengan kriteria kurang. Keaktifan anak kelompok B di RA Al-Ikhlas Labuhan Batu meningkat setelah mengikuti kegiatan tindakan siklus I dengan tingkat capaian sebesar 51,66 % dengan kriteria cukup. Keaktifan anak kelompok B di RA Al-Ikhlas Labuhan Batu kembali meningkat setelah mengikuti kegiatan tindakan siklus II dengan tingkat capaian sebesar 76,67 % dengan kriteria baik. Keaktifan anak kelompok B di RA Al-Ikhlas Labuhan Batu semakin meningkat setelah mengikuti kegiatan tindakan siklus III dengan tingkat capaian sebesar 86,67 % dengan kriteria baik sekali. Atas dasar hal tersebut, kepada guru di RA Al-Ikhlas Labuhan Batu, hendaklah meningkatkan kompetensi atau kemampuan dalam memberikan pengajaran kepada anak agar tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat dicapai dengan optimal. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10920 |
Appears in Collections: | Early Childhood Islamic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi Megawati.pdf | 2.81 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.