Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10917
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMardiyah-
dc.date.accessioned2020-11-12T08:41:42Z-
dc.date.available2020-11-12T08:41:42Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10917-
dc.description.abstractTujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan auditory anak dengan kegiatan bermain musik di RA Al-Ikhlas Rantau Prapat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan-tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data penelitian berupa observasi, dokumentasi dan tanya jawab. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di RA Al-Ikhlas Rantau Prapat yang berjumlah 15 orang anak. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa sebelum dilakukan tindakan kemampuan auditory anak hanya sebesar 23,32 %, lalu setelah dilakukan tindakan pada siklus I melalui kegiatan bermain musik mengalami peningkatan sebesar 54,99 %, dari hasil siklus pertama ini telah mengalami peningkatan yang sangat baik namun belum maksimal, maka dari itu tindakan dilanjutkan dan direncanakan kembali untuk siklus ke II. Pada siklus ke II hasilnya meningkat sebesar 73,33 % dengan kriteria “Baik” dan pada siklus III hasil meningkat sebesar 91,65 % dengan kriteria “Sangat Baik”. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa melalui kegiatan bermain musik dapat meningkatkan kemampuan auditory anak di RA Al-Ikhlas Rantau Prapat.en_US
dc.subjectAuditoryen_US
dc.subjectBermain Musiken_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Kemampuan Auditory Dengan Kegiatan Bermain Musik Di Ra Al-Ikhlas Rantau Prapaten_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Mardiyah 5.pdf4.08 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.