Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10907
Title: Penerapan Metode Resitasi Atau Penugasan Dalam Upaya Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab Pada Anak Kelompok B Di RA Al-Ikhlas Marendal
Authors: Nasution, Maimunah
Keywords: Tanggung Jawab;Metode Resitasi
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana rasa tanggung jawab anak kelompok B di RA Al-Ikhlas Marendal. Apakah penerapan metode resitasi mampu meningkatkan rasa tanggung jawab pada anak kelompok B di RA Al-Ikhlas Marendal. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui rasa tanggung jawab anak kelompok B di RA Al-Ikhlas Marendal, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode resitasi terhadap peningkatan rasa tanggung jawab pada anak kelompok B di RA Al-Ikhlas Marendal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sumber data utama penelitian adalah lembar observasi kemampuan anak dan kreativitas guru. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di RA Al-Ikhlas Tahun Ajaran 2018/2019. Dari hasil tindakan yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa rasa tanggung jawab anak kelompok B di RA Al-Ikhlas Marendal sebelum dilakukan tindakan melalui metode resitasi masih belum berkembang maksimal karena dari aspek yang dilihat masih banyak anak yang belum mampu menuntaskan tugas yang diberikan, belum mampu membereskan peralatan dengan rapi sebagaimana mestinya, dan masih memerlkan bantuan orang lain dalam melakukan kegiatan di luar kelas. Rasa tanggung jawab anak menjadi meningkat setelah dilakukannya kegiatan pembelajaran dengan menerapkan metode resitasi melalui dua kali siklus. Kemudian, penerapan metode resitasi mampu meningkatkan rasa tanggung jawab pada anak kelompok B di RA Al-Ikhlas Marendal. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan keberhasilan tindakan dimana sebelum dilakukan tindakan tingkat keberhasilan rasa tanggung jawab anak hanya mencapai angka 36,11 dengan kriteria “kurang”. Sementara setelah dilakukan tindakan pada siklus I perolehan keberhasilan mencapai angka 66,66 % dengan kriteria “baik”, dan pada tindakan siklus II semakin meningkat mencapai angka 88,89 % dengan kriteria ”baik sekali”.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10907
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MAIMUNAH.pdf2.34 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.