Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10883
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHakim, Lukman-
dc.date.accessioned2020-11-12T07:41:26Z-
dc.date.available2020-11-12T07:41:26Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10883-
dc.description.abstractLiterasi sekolah merupakan salah satu program baru yang telah di terapkan pada sistem belajar siswa, istilah literasi pada saat ini sudah banyak mulai digunakan dalam arti literasi yang luas, seperti literasi informasi, literasi komputer, dan literasi sains, yang keseluruhnya kompetensi ini di laksanakan untuk meningkatkan kemampuan yang lebih dari sekedar kemampuan baca tulis. Literasi melibatkan dasar-dasar yang lengkap tentang bahasa seperti fonologi (melibatkan kemampuan untuk mendengar dan menginterpretasikan suara), keterampilan ini dapat menentukan suatu tingkatan yang akan dicapai oleh seorang individu. Menurut Elizabeth B. Hurlock (1978: 114), minat adalah sumber motivasi yang mendorong orang untuk melakukan apa yang mereka inginkan bila mereka bebas memilih. Sama halnya yang diungkapkan oleh Slameto (2010: 180), minat merupakan rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Peneletian ini adalah penelitian asosiatif dimana maksud penelitiannya adalah melihat pengaruh Program Literasi Membaca Di Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Belajar Di SMP Negeri 1 Medan, dimana yang menjado populasi penelitian ini adalah semua siswa yang ada di SMP Negeri I Medan,yang berjumlah 1210, dipersempit dengan metode slovin sehingga didapat sampel sejumlah 92 orang, peneliti telah menyebar angket sebanyak 92 angket yang disebar secara acak dari kelas VII,VIII dan IX. Dari hasil penelitian terlihat bahwa program literasi membaca berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa di SMP Negeri 1 Medan, hal ini ditunjukan dari nilai uji t yang lebih tinggi dari t tabel yaitu senilai 5,390 lebih tinggi dari 1,985, kemudian nilai signya yg lebih rendah dari 0,05 yaitu 0,000, kemudian di tinjau dari nilai determinasi r square nilainya sebesar 0,244, atau sekitar 24,4% pengaruh program literasi membaca terhadap minat belajar siswa di SMP Negeri 1 Medan. dan nilai korelasinya yang cukup tinggi yaitu bernilai 0,794, yang artinya hubunganya kuaten_US
dc.subjectProgram literasi membaca dan minat belajaren_US
dc.titlePengaruh Program Literasi Membaca Di Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Negeri 1 Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ALL.pdf4.36 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.