Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10871
Title: Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantu Media CD Tutorial Dalam Pembelajaran Akuntansi di SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018”
Authors: Sari, Nirmala
Keywords: CD Tutorial Akuntansi;Model Pembelajaran Explicit Instruction, Hasil belajar
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanapenggunaan CD Tutorial Akuntansi melalui model pembelajaranExplicit Instruction dalam meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa. Dan untuk meningkatan hasil belajar akuntansi siswa dengan menggunakan CD Tutorial Akuntansi melalui model pembelajaran Explicit Instruction di SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Adapun yang menjadi subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 dan yang menjadi objek dari penelitian ini adalah semua siswa kelas X AK 1 SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 31 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi keaktifan siswa selama pembelajaran. Tes adalah alat atau prosedur yang dipergunakan dalam rangka pengukuran atau penilaian. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis yang diberikan kepada siswa yang berisi 10 soal berbentuk essay tes. Observasi yang dilakukan adalah observasi tingkat keaktifan siswa siswa dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil analisis penelitian diketahui bahwa pada siklus I diperoleh hasil belajar sebesar 51,61% dan pada siklus II hasil belajar mengalami peningkatan menjadi 87,10%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar akuntansi siswa sebesar 35,49% dengan menerapkan model pembelajaranExplicit InstructionberbantuCD Tutorial Akuntansi di SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10871
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf1.67 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.