Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1087
Title: Komunikasi Persuasif Agen Asuransi Dalam Merekrut Calon Nasabah Di Pt. Asuransi Life Allianz Cabang Kota Medan
Authors: Depari, Nava Anisa
Keywords: Komunikasi Persuasif;Agen Asuransi;Nasabah;merekrut
Issue Date: 4-Oct-2019
Abstract: Salah satu bentuk komunikasi yang digunakan manusia untuk memenuhi keinginannya terhadap manusia lain adalah melalui komunikasi persuasif. Dengan berkembangnya kemajuan zaman, penggunaan komunikasi persuasif telah meluas ke berbagai aspek kehidupan manusia. Salah satu bidang usaha yang menggunakan komunikasi persuasif dalam kegiatan pemasarannya adalah bisnis asuransi. Peneliti mengambil lokasi penelitian di PT. Asuransi Life Allianz Cabang Kota Medan. Penelitian dengan judul “Komunikasi Persuasif Agen Asuransi dalam Merekrut Calon Nasabah di PT.Asuransi Life Allianz Cabang Kota Medan”, memiliki rumusan masalah Bagaimana komunikasi persuasif agen asuransi berperan dalam merekrut calon nasabah asuransi di PT. Asuransi Life Allianz cabang kota Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi persuasif yang digunakan agen asuransi dalam melakukan perekrutan calon nasabah asuransi. Teori-teori yang digunakan adalah teori komunikasi, teori komunikasi interpersonal, teori komunikasi persuasif, rekrutmen, motivasi, asuransi, agen asuransi, nasabah asuransi, serta PT. Asuransi Life Allianz. Jenis penelitian yang diambil peneliti adalah deskriptif kualitatif. Tahap pengumpulan data penelitian yaitu melakukan proses wawancara tatap muka dengan narasumber, observasi serta dokumentasi, hasil pengataman, dan hasil pembicaraan yang dianalisis peneliti hingga tahap penarikan kesimpulan. Narasumber yang diwawancara oleh peneliti yaitu 5 (lima) orang narasumber terdiri dari Agen Asuransi PT. Asuransi Life Allianz Cabang Kota Medan dengan mengajukan 15 (lima belas) pertanyaan dan 2 (dua) orang narasumber terdiri dari Nasabah Asuransi PT. Asuransi Life Allianz Cabang Kota Medan dengan mengajukan 10 (sepuluh) pertanyaan untuk memenuhi kebutuhan dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa penelitian tersebut menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan agen asuransi dalam melakukan perekrutan calon nasabah asuransi sangat baik sehingga calon nasabah asuransi dapat terpengaruh dan mudah percaya ketika agen asuransi menawarkan produk asuransi dan merekrut calon nasabah asuransi di PT. Asuransi Life Allianz Cabang Kota Medan. Atas dasar memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, agen asuransi berhasil menggunakan strategi persuasif dalam memasarkan produk kepada calon nasabah, sehingga calon nasabah dapat terpengaruh dan bersikap sesuai dengan keinginan agen asuransi tersebut.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1087
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NAVA ANISA DEPARI 2019.pdfFulltext3.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.