Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10868
Title: Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dalam Pembelajaran Ekonomi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA 1 Pantai Cermin Tahun Ajaran 2017/2018
Authors: Marpaung, Mhd. Faisal Nur
Keywords: Creative Problem Solving;Hasil Belajar
Issue Date: 20-Sep-2018
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran ekonomi di kelas XI SMAN 1 Pantai Cermin dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Pantai Cermin yang berjumlah 37 siswa. Desain PTK yang digunakan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan tiga rumus yang pertama menghitung presentase perubahan hasil belajar siswa secara klasikal, yang kedua menentukan daya serap siswa secara individu dan yang ketiga tingkat ketuntasan belajar. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Creative Problem Solving, instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh data bahwa untuk siklus I siswa berjumlah 15 siswa (40,54%) dan yang tidak tuntas berjumlah 22 siswa (62,16%) dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 45, sedangkan untuk Hasil Belajar Siklus II siswa yang tuntas berjumlah 27 siswa (72,97%) dan yang tidak tuntas berjumlah 10 siswa (27,03%) dengan Nilai tertinggi 90 dan Nilai terendah 50. Dengan demikian hipotesis penelitian yaitu “ Ada Peningkatan hasil belajar ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving siswa kelas XI SMAN 1 Pantai Cermin tahun ajaran 2017/2018.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10868
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi full.pdf2.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.