Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10867
Title: Upaya Meningkatkan Kognitif Anak Melalui Bermain Teka-Teki Dengan Media Gambar di RA Rabiatul Amaliah Bandar Pulau Asahan
Authors: Kasinem
Keywords: Kata Kunci: Kognitif;Teka-teki;Media Gambar
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kognitif anak melalui bermain teka-teki pada anak kelompok B RA Rabiatul Amaliah Bandar Pulau Asahan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan 18 subjek penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan atau alat pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi degan metode ceklis, kemudian menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa peningkatan kognitif anak melalui bermain teka-teki pada anak kelompok B RA Rabiatul Amaliah Bandar Pulau Asahan berhasil ditingkatkan. Peningkatan dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase pada tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan keberhasilan minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan peningkatan keberhasilan pada anak yaitu pada pra siklus 40,7%, selanjutnya siklus satu rata-ratanya adalah 46,3%, pada siklus dua terjadi peningkkatan sangat signifikan dengan rata-rata, 70,4%, selanjutnya pada siklus tiga rata-rata yang diperoleh anak adalah 83,4%. Berdasarkan deskripsi tersebut, maka penelitian ini dapat disumpulkan bahwa melalui bermain teka-teki berbantuan media gambar dapat meingkatkan kognitif anak dalam banyak hal dan pengetahuan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10867
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FULL KASINEM 123.pdf2.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.