Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10865
Title: Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Permulaan Dengan Metode Eksplorasi Di Ra Nurul Hadina Patumbak
Authors: Juraidah
Keywords: Kemampuan Sains;Metode Eksplorasi
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan sains permulaan di RA Nurul Hadina Patumbak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus dengan tahapan-tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data penelitian berupa observasi, dokumentasi dan tanya jawab. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di RA Nurul Hadina Patumbak yang berjumlah 15 orang anak. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwasebelum tindakan dilakukan, diketahui bahwa kemampuan sains permulaan anak kelompok B di RA Nurul Hadina Patumbak masih sangat rendah karena hanya mampu mencapai nilai 39,99 % dengan kriteria “kurang”. Pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menerapkan metode eksplorasi yaitu kemampuan sains permulaan anak meningkat lebih baik pada tingkat ketercapaian sebesar 58,32 % dengan kriteria “cukup”. Pada pelaksanaan tindakan siklus II dengan kembali menerapkan metode eksplorasi yang berbeda kemampuan sains permulaan anak meningkat lebih baik dengan ketercapaian tindakan sebesar 76,66 % dengan kriteria “baik”.Selanjutnya, pada siklus III dengan kembali menerapkan metode eksplorasi yang berbeda kemampuan sains permulaan anak meningkat jauh lebih baik dengan ketercapaian tindakan sebesar 93,32 % dengan kriteria “baik sekali”. Atas dasar hal tersebut, kepada pihak guru hendaklah lebih kreatif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran sehingga anak mudah memahami materi yang diajarkan. .
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10865
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Juraidah .pdf3.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.