Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10861
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorYanti, Titin Dwi-
dc.date.accessioned2020-11-12T06:11:43Z-
dc.date.available2020-11-12T06:11:43Z-
dc.date.issued2018-03-29-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10861-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya sekolah yang tidak berbasis pesantren membuat adanya mata pelajaran tahfidz Al-Qur`an sebagai program unggulan sekolah, yaitu Sekolah Islam Ulun Nuha Medan Johor, yang waktu belajarnya disamakan dengan waktu pelajaran umum. Oleh karena itu, tidak terfokus pada tahfidz siswi juga menghadapi mata pelajaran lain yang memiliki tugas-tugas, ujian yang bersamaan, pulang sekolah yang lama, membuat siswi menjadi lupa, malas, kelelahan untuk menghafal. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) bagaimana pelaksanaan mata pelajaran tahfidz dengan metode muraja`ah dan quesioner di SMAS Islam Ulun Nuha? (2) bagaimana hasil belajar tahfidz siswi dengan menggunakan metode muraja`ah dan quesioner di SMAS Islam Ulun Nuha? (3) apakah metode muraja`ah dan quesioner efektif diterapkan pada mata pelajaran tahfidz di SMAS Islam Ulun Nuha? Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pelaksanaan metode muraja`ah dan quesioner di SMAS Islam Ulun Nuha. (2) untuk mengetahui hasil belajar siswi pada mata pelajaran tahfidz dengan menggunakan metode muraja`ah dan quesioner di SMAS Islam Ulun Nuha. (3) untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode muraja`ah dan quesioner di kelas X di SMA Swasta Islam Ulun Nuha Medan Johor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk metode deskriptif. Dan menggunakan instrument observasi, angket dan wawancara sebagai sumber datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan metode muraja`ah di SMAS Islam Ulun Nuha adalah dengan menyetor muraja`ah hafalan baru dan yang lama ditargetkan setiap harinya kepada seorang Ustadzah pembimbing. Pelaksanaan quesioner dilakukan setelah siswi telah menghafal sebanyak 1 juz. (2) hasil belajar tahfidz siswi menjadi terjaga, baik, dan lancar. Bahkan siswi jadi mudah menghafal dan dapat menyetor hafalan lebih dari yang telah diwajibkan di sekolah. (3) dalam menganalisis data, maka dapat diambil kesimpulan bahwa tingkat efektivitas metode muraja`ah dan metode quesioner terhadap hasil belajar siswi kelas X di SMA Swasta Islam Ulun Nuha Medan Johor ini termasuk dalam katagori sangat tinggi (77.78%). Selain itu sekolah juga memainkan peranannya sebagai lembaga pendidikan dengan menyediakan sarana dan prasarana yang memadai. Serta solusi untuk mengatasi faktor penghambat dalam proses menghafal yaitu selalu memberikan tips belajar efektif, manajemen waktu, bidang studi lain meniadakan tugas-tugas di rumah yang berat dan selalu memotivasi siswi untuk menghafal.en_US
dc.subjectTahfidzen_US
dc.subjectMetode Pembelajaranen_US
dc.titleEfektivitas Metode Muraja`ah Dan Metode Quesioner Terhadap Hasil Belajar Siswi Pada Mata Pelajaran Tahfidz Qur`an Di SMAS Islam Ulun Nuha Medan Johoren_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI TITIN DWI YANTI.pdf4.09 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.