Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10843
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Piqih Ibadah di Mts Muhammadiyah 15 Medan
Authors: Rapita, Siti
Keywords: Fiqih Ibadah;Hasil belajar
Issue Date: 4-Apr-2018
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih Ibadah di kelas VIII Mts Muhammadiyah 15 Medan. Sedangkan yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih Ibadah di kelas VIII Mts Muhammmadiyha 15 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif masuk dalam kategori desain eksperimen. Populasi ini di ambil dari seluruh siswa kelas VIII sebanyak 46 orang dan sampel sebanyak 32 orang siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Pengelolalan penelitian ini menggunakan uji-t, uji validitas serta realibilitas untuk melihat kontribusi yang diberikan antara variabel X1 dan variabel X2. Setelah data terkumpul dihitung menggunakan teknik uji-t diperoleh hasil sebagai berikut: dari hasil koefisien uji-t dengan tabel nilai t pada taraf 5% dan 1% di peroleh bahwa thitung . 4,869lebih besar daripada ttabel baik itu taraf 5% 2,11 dan 1% 2,90 dengan formulasi bandingan yaitu 4,869 > 2,11 dan 2,90. nilai rata-rata dengan metode konfensional 70% dan standar deviasi 8,618. dan nilai rata-rata dengan menggunakan model pembelajaran Artikulasi 66,47 dan standar deviasi 10,326 maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif penggunaan model pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII pada mata pelajaran Fiqih Ibadah di Mts Muhammadiayh 15 Medan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10843
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf2.21 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.