Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10842
Title: Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dengan Menggunakan Media Kertas Kokoru di RA Dharma Wanita Persatuan Unit Agama Lubuk Pakam
Authors: Fitriani
Keywords: Kreativitas;Media;Kertas Kokoru
Issue Date: 13-Mar-2018
Abstract: Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas anak kelompok B di RA Dharma Wanita Persatuan Unit Agama Lubuk Pakam, untuk mengetahui penggunaan media kertas kokoru dalam kegiatan pembelajaran di RA Dharma Wanita Persatuan Unit Agama Lubuk Pakam, untuk mengetahui peningkatan kreativitas melalui penggunaan media kertas kokoru pada anak kelompok B di RA Dharma Wanita Persatuan Unit Agama Lubuk Pakam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sumber data utama penelitian adalah lembar observasi kemampuan anak dan kemampuan guru. Subjek penelitian adalah 22 anak kelompok B di RA Dharma Wanita Persatuan Unit Agama Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kreativitas anak kelompok B di RA Dharma Wanita Persatuan Unit Agama Lubuk Pakam telah berkembang dengan baik setelah dilakukan tindakan dengan melaksanakan kegiatan membentuk, menggunting, menggulung dan melipat kertas dengan media kokoru yang dilaksanakan dalam dua siklus. Kemudian, penggunaan media kertas kokoru dalam kegiatan pembelajaran di RA Dharma Wanita Persatuan Unit Agama Lubuk Pakam dilakukan dengan perencanaan dan pelaksanaan yang matang serta dengan jenis kertas kokoru dan kegiatan yang bervariasi sehingga mampu meningkatkan antusias anak untuk melakukan kegiatan yang dilaksanakan dalam pembelajaran. Selanjutnya diketahui bahwa peningkatan kreativitas melalui penggunaan media kertas kokoru pada anak kelompok B di RA Dharma Wanita Persatuan Unit Agama Lubuk Pakam terjadi secara bertahap dimana sebelum dilakukan tindakan diketahui kreativitas anak masih belum berkembang maksimal karena hanya mencapai nilai 34,82 % dengan kriteria kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I kreativitas anak meningkat dengan nilai 69,69 % dengan kriteria cukup, dan pada tindakan siklus II semakin meningkat mencapai nilai 96,97 % dengan kriteria Baik sehingga tindakan dinyatakan berhasil.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10842
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Fitriani.pdf2.82 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.