Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10832
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHarahap, Sabar Arifin-
dc.date.accessioned2020-11-12T05:24:13Z-
dc.date.available2020-11-12T05:24:13Z-
dc.date.issued2018-10-16-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10832-
dc.description.abstractMasalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan dan minat membaca Al-quran siswa pada MTs Al – Washliyah Tembung. Penerapan model pembelajaran Reading Guide bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Reading Guide terhadap kemapuan Membaca Alquran pada Mts Al – Washliyah Tembung. Jenis peneltian yang digunakan adalah penelitian kuntitatif. Tehnik analisis data menggunakan metode statistik, deskriftif dan t-test. Lokas peneitian dilakukan di MTs Al – Washliyah Tembung. Poulasi ada penlitian ini adalah semua peserta didik kelas VIIIIV yang berjumlah 193 Siswa dan kelas VIIIVII yang berjumlah 207 siswa dengan sampel 76 yang diambil secara random. Populasi untuk selanutnya dipilih 2 kelas untuk menentukan mana kelas eksperimen dan mana kelas kontrol. Kelas VIIIIV sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIVII sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian adalah model pembelajaran Reading Guide dari pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan belajar Al-quran, kemampuan mebaca Al-quran menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Reading Guide berpengaruh secara nyata terhadap kemampuan membaca Al-quran Dari hasil dengan menggunakan rumus uji “t”, maka diperoleh thitung =3,195. Kemudian hasil tesebut dibandingkan dengan nilai ttabel diperoleh hasil nilai tabel =2,120. Selanjutnya, Ha diterima jika thitung lebih besar daripada ttabel dan h0 diterima jika thitung lebih kecil daripada ttabel begitu pula sebaliknya,karena thitung lebih besar daripada ttabel yaitu 3,195≥2,120 maka disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, berarti bahwa “terdapat perbedaan kemampuan membaca Al-quran antara model pembeajaran Reading Guide dengan metode konvensional pada mata pelajaran Al-quran Hadis di kelas VIII di MTs Al-Washliyah Tembungen_US
dc.subjectReading Guideen_US
dc.subjectKemampuan Membaca Al-quranen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Reading Guide Terhadap Kemampuan Membaca Al-Quran Pada MTs Al – Washliyah Tembungen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Sabar Arifin Harahap.pdf3.5 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.