Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10828
Title: | Upaya Meningkatkan Minat Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini Menggunakan Media Gambar di RA Nurul Ilmi Desa Teluk Rampah |
Authors: | Hasibuan, Farida |
Keywords: | Minat;Membaca Permulaan;Media Gambar |
Issue Date: | 20-Mar-2018 |
Abstract: | Berdasarkan hasil dari penelitian dalam upaya meningkatkan minat membaca permulaan pada anak usia dini menggunakan media gambar di RA Nurul Ilmi Desa Teluk Rampah yang dilaksanakan dalam tiga siklus, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui penggunaan media gambar dapat meningkatkan minat membaca permulaan pada anak usia dini. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen yang telah dilakukan pada anak RA Nurul Ilmi Desa Teluk Rampah dari pra siklus hingga siklus III. Hasil observasi yang peneliti lakukan bersama kolaborator dan teman sejawat menunjukkan peningkatan minat membaca permulaan menggunakan media gambar di RA Nurul Ilmi Desa Teluk Rampah yang dimulai dari pra siklus adalah 20,5% yang menunjukkan masih sangat rendah. Selanjutnya pada siklus I terjadi peningkatan sehingga rata-rata hasil pada siklus I adalah 58,8%. Peningkatan yang terjadi pada siklus 2 II dengan rata-rata 73,6%, dan peningkatan lebih baik pada siklus III dengan rata-rata 88,2%. Berdasarkan deskripsi tersebut, maka keberhasilan penelitian ini sesuai ketentuan minimal 80% telah terjadi pada siklus III yang sekaligus menjadi isyarat penelitian ini berhasil dilakukan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media gambar dapat meningkatkan minat membaca permulaan pada anak usia dini sebagaimana yang dilakukan peneliti di RA Nurul Ilmi Desa Teluk Rampah. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10828 |
Appears in Collections: | Early Childhood Islamic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI FARIDA HASIBUAN.pdf | 3.32 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.