Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10823
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorErnilawati-
dc.date.accessioned2020-11-12T05:00:20Z-
dc.date.available2020-11-12T05:00:20Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10823-
dc.description.abstractMengenal huruf dalam teori Whole Language adalah anak belajar mengenali huruf dan bunyinya juga konteksnya. Sedangkan teknik mozaik adalah teknik membuat gambar dengan cara mengisi pola dengan potongan kertas, kaca maupun bahan lain yang sejenis. Mengenal huruf melalui teknik mozaik dengan kertas origami merupakan salah satu unsur berseni yang terbukti secara tidak langsung dapat membuat anak mengenal huruf. Begitu juga yang terjadi di RA Amaliyah Kabupaten Simalungun. Sebelum diadakan penelitian anak sangat sulit mengenal huruf baik itu huruf vokal ataupun konsonan sehingga guru kesulitan untuk mengajari anak membaca. Maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui teknik mozaik dengan kertas origami. Pada tahap pra siklus anak yang dapat mengenal huruf dengan baik rata – rata hanya berjumlah 18,75 % atau sebanyak 4 dari 20 orang anak. Sedangkan pada siklus I sebesar 45% atau sebanyak 9 dari 20 anak. Dan pada siklus II kemampuan mengenal huruf sudah meningkat dengan baik yaitu srata – rata sebesar 87,50% atau sebanyak 17 dari 20 anak. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui teknik mozaik dengan kertas origami dapat dikatakan berhasil dalam rangka meningkatkan kemampuan mengenal huruf. Untuk itu disarankan pada semua guru dapat memberikan kegiatan yang bervariasi dan menyenangkan bagi anak untuk merangsang semua perkembangannyaen_US
dc.subjectMengenal hurufen_US
dc.subjectMozaiken_US
dc.subjectKertas origamien_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Teknik Mozaik Dengan Kertas Origami di RA Amaliyah Kabupaten Simalungunen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ERNILAWATI.pdf1.5 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.