Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10810
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSari, Novita-
dc.date.accessioned2020-11-12T04:42:46Z-
dc.date.available2020-11-12T04:42:46Z-
dc.date.issued2018-03-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10810-
dc.description.abstractPembelajaran Akidah Akhlak di MTs Muhammadiyah 15 Medan menunjukkan adanya banyak kendala yang salah satunya adalah rendahnya hasil belajar siswa. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Namimah dikelas VIII1 MTs Muhammadiyah 15 Medan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII1 MTs Muhammadiyah 15 Medan yang berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi,observasi dan tes tertulis. Analisis data menggunakan teknik analisis Kuantitatif dan kualitatif sekaligus. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan langkahlangkah : a) menyusun rencana kegiatan b)pelaksanaan tindakan c) observasi dan d) refleksi. Akhir refleksi pada siklus kedua menunjukan bahwa tujuan penelitian telah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus kedua.penelitian menunjukan bahwa Model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII1 MTs Muhammadiyah 15 Medan. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari prasiklus yang menyatakan bahwa pada test awal nilai yang diperoleh siswa masih rendah setelah diadakan perbaikan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas mencapai 67,5 dan tingkat keberhasilan siswa terdapat 13 orang siswa (54,17 %) dari 24 siswa ketercapaian test awal nilai hasil belajar siswa mencapai 50 %. Bearti secara klasikal belum mencapai keberhasilan dalam belajar. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas mencapai 86,6 keberhasilan dalam belajar siswa terdapat 24 orang siswa sebesar 100 % dari 24 siswa, tingkat ketercapaian hasil belajar siswa mencapai 100 % secara keseluruhan sudah mencapai keberhasilan belajar. Penelitian ini bermanfaat untuk guru sebagai masukan agar dapat memperbaiki proses belajar mengajar sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.en_US
dc.subjectNamimahen_US
dc.subjectAkidah Akhlaken_US
dc.titlePeningkatan Hasil Belajar siswa Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Namimah Di MTs Muhammadiyah 15 Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf843.13 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.