Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10807
Title: Upaya Meningkatkan Kecerdasaan Emosional (EQ ) Anak Melalui Metode Bercerita kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahamat dan karunia-Nya, sehingga peneliti dapat menyelesaikan penyusunan skripsi yang berjudul “Upaya Meningkatkan Kecerdasaan Emosional (EQ ) Anak Melalui Metode Bercerita Kisah Keteladanan Nabi dan Rasul Di RA Bahrul Ilmi Kota Padang Sidimpuan
Authors: Darnida, Dini
Keywords: Kecerdasan Emosional;Kisah Keteladanan;Metode Bercerita
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kecerdasan emosional anak di RA Bahrul Ilmi Kota Padang Sidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan emosional (EQ ) anak melalui metode bercerita kisah keteladanan Nabi dan Rasul Allah di RA Bahrul Ilmi Kota Padang Sidimpuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui metode bercerita kisah keteladanan Nabi dan Rasul Allah dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan penelitian tindakan kelas. peningkatan kemampuan kecerdasan emosional anak yaitu pada pra siklus 26,6 %, selanjutnya siklus 1 rata-ratanya 48,8%, siklus 2 rata-ratanya 71,0% dan pada siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak adalah 91,0%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode bercerita kisah keteladanan Nabi dan Rasul Allah dapat meningkatkan kecerdasan emosional (EQ ) anak di RA Bahrul Ilmi Kota Padang Sidimpuan
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10807
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
DINI DARNIDA.pdf1.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.