Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10804
Title: Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Menyampaikan Ide Atau Gagasan Melalui Penerapan Pembelajaran Dialog Interpersonal Pada Anak Kelompok B Di RA Al-Muttaqin
Authors: Rantauwati, Deli
Keywords: Menyampaikan Ide;Dialog Interpersonal
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak menyampaikan ide atau gagasan melalui penerapan pembelajaran dialog interpersonal di RA Al Muttaqin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan-tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data penelitian berupa observasi, dokumentasi dan tanya jawab. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di RA Al-Muttaqin Sunggal yang berjumlah 15 orang anak. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa kegiatan peningkatan kemampuan mengemukakan ide atau gagasan melalui kegiatan pembelajaran dialog interpersonal pada anak kelompok B di RA Al-Muttaqin Sunggal telah berjalan dengan baik. Dari hasil observasi pada setiap akhir kegiatan sejak prasiklus hingga siklus II telah terjadi peningkatan secara bertahap. Pada kondisi awal kemampuan mengemukakan ide atau gagasan anak tergolong rendah yaitu sebesar 35,56 % dengan kategori kurang. Pada tindakan siklus I persentase kemampuan meningkat menjadi 62,22 % dengan kategori baik, dan pada akhir siklus yaitu siklus II peningkatan kemampuan mengemukakan ide atau gagasan anak menjadi semakin baik dengan persentase sebesar 91,11 % dengan kategori baik sekali sehingga penelitian telah berhasil
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10804
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Deli Siap Sidang.pdf3.25 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.