Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10793
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAnggraini, Anita-
dc.date.accessioned2020-11-12T04:15:38Z-
dc.date.available2020-11-12T04:15:38Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10793-
dc.description.abstractPenelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya motorik halus anak kelompok B TK Sinar Mutiara Helvetia Medan. Hal ini mungkin dikarenakan media, metode dan strategi yang digunakan guru belum efektif dan kurang memotivasi minat belajar anak. Berdasarkan masalah di atas, diharapkan melalui kegiatan finger painting dapat meningkatkan motorik halus anak. Penelitianinibersubjek 15 anak dengan rincian 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi hasil karya. Alat yang digunakan adalah lembar instrumen penilaian, dan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan melalui 3 Siklus dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motorik halus anak kelompok B pada pra tindakan sebanyak 13.3 %, pada siklus 1 meningkat menjadi 28.3 %, pada siklus 2 meningkat menjadi 48.3 % dan pada siklus 3 meningkat menjadi 81.7 %. Perolehan persentase pada siklus 3 membuktikan bahwa penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan yaitu motorik halus anak mengalami peningkatan≥75 %. Dari hasil yang di perosesdapatdisimpulkanbahwa motorik halus anak kelompok B TKSinar Mutiara Helvetia Medan meningkat dengan baiken_US
dc.subjectMotorik Halusen_US
dc.subjectFinger panitingen_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Motorik Halus Melalui Kegiatan Finger Painting Pada Anak Kelompok B TK Sinar Mutiara Helvetia Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf1.42 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.