Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10772
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Akuntansi Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018
Authors: Cafriza, Bella Tasyah
Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri;Motivasi dan Hasil Belajar
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 1 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri dan motivasi belajar siswa pada kompetensi dasar memposting buku besar akuntasi. Siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 39 orang. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah kelas XI IPS yang berjumlah 39 orang sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan tes tertulis yang berbentuk lembar kerja siswa yang terdiri dari 10 item angket dan 9 item pre test, 9 item post test yang terlebih dahulu diuji validitas dan reabilitasnya. Dari hasil analisis data angket diperoleh nilai rata – rata sebelum menggunakan model pembelajaran Inkuiri 55,89 dan standar deviasi 8,28. Sedangkan setelah menggunakan model pembelajaran Inkuiri nilai rata – rata 59,43 dan standar deviasi 8,49. Pre test diperoleh nilai rata-rata 70,89, dan standar deviasi 10,18. Sedangkan untuk data post test nilai rata-rata 85,12 dan standar deviasi 12,48 dalam pengujian hipotesis menunjukkan untuk angket memperoleh thitung 8,02 dan bila dikonsultasikan dengan nilai tabel “t” pada taraf signifikan 0,05, dengan db = N – 1 = 38 maka ttabel = 1,686. Dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel diperoleh (8,02>1,686), sehingga Ha ditolak dan Ho diterima,dan untuk tes tertulis diperoleh thitung 3,98 dan ttabel = 1,686 . Dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel diperoleh (3,98 >1,686), sehingga Ha ditolak dan Ho diterima, sehingga kesimpulannya adalah “ada pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Motivasi Belajar Siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Medan”.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10772
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
full.pdf1.78 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.