Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10742
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPutri, Nurma Windia Ayu-
dc.date.accessioned2020-11-12T02:57:45Z-
dc.date.available2020-11-12T02:57:45Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10742-
dc.description.abstractada penelitian ini ditemukan beberapa rumusan masalah, diantaranya adalah “Apakah ada pengaruh Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dengan menggunakan Media Digital Video terhadap Pemahaman belajar siswa di SMP Negeri 1 Batang Kuis tahun Pembelajaran 2016/2017”. Tujuan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dengan menggunakan Media Digital Video terhadap Pemahaman belajar siswa di SMP Negeri 1 Batang Kuis tahun Pembelajaran 2016/2017”. Pada penelitian ini diambil populasi dan sampel dari siswa SMP Negeri 1 Batang Kuis yang berjumlah 40 siswa. Instrumen penelitian berupa tes dan observasi. Tes yang diberikan terdiri dari 10 tes yang berbentuk esayy test sedangkan observasi sebanyak 21 terdiri dari lembar observasi variabel X dan Y. Tes digunakan untuk mengukur pemahaman belajar siswa, dan melihat ketercapaian tujuan dengan menggunakan model pembelajaran Student teams Achievement Division. Dari analisis data diperoleh beberapa hasil perhitungan. Pada tes yang telah dilakukan, dengan sampel sebanyak 40 siswa dan 10 butir soal esayy, keseluruhan diperoleh rata-rata sebesar 79,12%. Korelasi XY adalah 0,769. Dan pencapaian reabilitas tes diperoleh sebesar 0,71 dengan kriteria “Reabilitas sangat tinggi”. Sedangkan pada observasi kegiatan siswa saat kegiatan belajar berlangsung, dengan sampel sebanyak 40 siswa dan 21 point pemahaman siswa, keseluruhan diperoleh rata-rata sebesar 76,9%. Sementara pada tingkat ketuntasan belajar, persentase siswa unas sebesar 70 % dan siswa tidak tuntas sebesar 30%. Melihat persentase ketuntasan belajar siswa, hal ini menunjukkan bahwa pengaruh belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student teams Achievement Division adalah sangat baiken_US
dc.subjectPembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division)en_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dengan menggunakan Media Digital Video terhadap Pemahaman Siswa tentang Otonomi Daerah di SMP Negeri 1 Batang Kuis tahun Pembelajaran 2016/2017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pancasila and Civic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi full.pdf2.27 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.