Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10734
Title: Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Akidah Islam Dengan Menggunakan Metode The Power Of Two Kelas X Di Madrasah Aliyah Tahfizhil Qur’an Medan
Authors: Tanjung, Aisa
Keywords: Memahami Akidah Islam;Metode The Power Of Two.
Issue Date: 11-Oct-2018
Abstract: Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Tahfizhil Qur’an Medan menunjukkan adanya kendalanya yang salah satunya adalah rendahnya hasil belajar siswa, Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui metode The Power Of Two dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Memahami Akidah Islam kelas X Madrasah Aliyah Tahfizhil Qur’an Medan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kekas (PTK). Subyek penelitian ini adalah Seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Tahfizhil Qur’an Medan yang berjumlah 37 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes tertulis. Analisis data menggunakan teknik analisis Kuantitatif dan kualitatif sekaligus. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan langkah-langkah : a). Menyusun rencana kegiatan. b). Pelaksanaan tindakan. c). Observasi. d). Refleksi. Akhir refleksi pada siklus kedua menunjukkan bahwa tujuan penelitian telah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus kedua. Penelitian menunjukkan bahwa metode The Power Of Two dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Madrasah Aliyah Tahfizhil Qur’an Medan. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari prasiklus yang menyatakan bahwa pada test awal nilai yang diperoleh siswa masih rendah, setelah diadakan perbaikan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas mencapai 76,21 dan tingkat kberhasilan siswa terdapat 21 orang siswa dari 37 siswa ketercapaian test awal nilai hasi belajar siswa mencapai 56%. Brarti secara klasikal belum mencapai keberhasilan dalam belajar. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas mencapai 83,78, keberhasilan dalam belajar siswa terdapat 34 orang siswa yang tuntas, brarti tingkat ketercapaian hasil belajar siswa mencapai 100% secara keseluruhan sudah mencapai keberhasilan belajar. Penelitian ini bermanfaat untuk guru sebagai masukan agar dapat memperbaiki proses belajar mengajar sehingga hasil belajar siswa daoat meningkat.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10734
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI PDF.pdf4.32 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.