Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10691
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRamadhany, Zulkhan-
dc.date.accessioned2020-11-12T01:49:21Z-
dc.date.available2020-11-12T01:49:21Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10691-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran ARIAS terintegrasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan peluang di kelas X SMK TI Harapan Mekar 1 Medan T.P 2017/2018. Tujuan dalam penelitian yang akan dilakukan peneliti adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model ARIAS terintegrasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa di kelas X SMK TI Harapan Mekar 1 Medan T.P 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ-2 SMK TI Harapan Mekar 1 Medan T.P 2014/2015 yang terdiri dari 36 orang siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS terintegrasi. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes, lembar observasi dan lembar angket yang dilakukan pada saat berlangsungnya pembelajaran matematika. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Motivasi siswa dalam bertanya sebelum tindakan 8,33% dan di akhir tindakan mencapai 50%, 2) Motivasi mengerjakan soal sebelum tindakan sebesar 50% dan di akhir tindakan mencapai 94,44%, 3) Motivasi siswa dalam menulis catatan sebelum tindakan sebesar 61,11% dan setelah tindakan mencapai 94,44%. Data pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa ditulis dalam bentuk tabel dan grafik. Pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal diperoleh 14 orang siswa (38,88%) yang tuntas serta 22 orang siswa (61,12%) yang tidak tuntas. Pada siklus I meningkat menjadi 20 orang siswa (55,56%) yang tuntas, sedangkan 16 siswa (44,44%) belum tuntas, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 32 siswa (88,88%) yang tuntas, sedangkan 4 siswa (11,12%) belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Hal ini menunjukkan bahwa belajar matematika menggunakan model pembelajaran ARIAS terintegrasi pada siswa SMK TI Harapan Mekar 1 Medan T.P 2017/2018 dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa, dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaranen_US
dc.subjectModel pembelajaran ARIAS terintegrasien_US
dc.subjectMotivasi belajaren_US
dc.subjectHasil belajar.en_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran ARIAS terintegrasi Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMK TI Harapan Mekar 1 Medan T.P 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi zulkhan.pdf6.09 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.