Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1067
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Atiyah, Khairini | - |
dc.date.accessioned | 2020-03-01T08:03:48Z | - |
dc.date.available | 2020-03-01T08:03:48Z | - |
dc.date.issued | 2019-10-03 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1067 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa MTs Negeri 1 Langkat T.P 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 1 Langkat, sedangkan yang menjadi sampel adalah kelas VII-4 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-3 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen sebesar 52,17 dan nilai rata-rata post-test sebesar 82,17, sedangkan pada kelas control diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 39,83 dan nilai ratarata post-test sebesar 69,77. Dapat dilihat bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata kelas control baik itu dilihat dari pre-test maupun post-test dari kedua sampel. Selanjutnya dilakukan uji t menggunakan uji independent sample t-test dan diperoleh nilai dengan dk = 58 pada taraf signifikan (α) = 0,05 maka diperoleh ttabel= 2,002, sedangkan dari perhitungan data diperoleh thitung= 6,2553. Jadi kesimpulannya Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada pokok materi pecahan dikelas VII-4 MTs Negeri 1 Langkat T.P 2019/2020. Adapun besarnya persentasi pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa sebesar 13,47 %. | en_US |
dc.subject | Extending (CORE). | en_US |
dc.subject | Organizing, Reflecting | en_US |
dc.subject | Connecting | en_US |
dc.subject | Kemampuan Penalaran Matematis | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (Core) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Mts Negeri 1 Langkat T.P 2019/2020 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Mathematics education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI_RINI.pdf | Fulltext | 4.25 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.