Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10677
Title: Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) pada Siswa SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan Tahun Pelajaran 2017/2018
Authors: Sarumpaet, Yola Erayana
Keywords: Model Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ);Keaktifan, Hasil Belajar
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk tes uraian sebanyak 3 tes yang terdiri dari 10 butir soal untuk tes awal, 10 butir soal untuk tes siklus I, 10 butir soal untuk tes siklus II. Sementara observasi dilakukan dengan mengamati keaktifan belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 25 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan hasil belajar yaitu tingkat ketuntasan belajar dengan menggunakan model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) pada tes awal hanya 7 siswa (28%) yang tuntas sedangkan 18 siswa (72%) belum tuntas. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 15 siswa (60%) yang tuntas sedangkan 10 siswa (40%) belum tuntas. Kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 22 siswa (88%) yang tuntas sedangkan 3 siswa (12%) belum tuntas. Hal tersebut berarti bahwa penelitian ini berhasil, karena telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu sebesar 75%. Sedangkan ratarata tingkat keaktifan siswa pada pra siklus hanya 1,8 dalam kategori kurang, pada siklus I meningkat menjadi 2,4 dalam kategori cukup, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 3 dalam kategori baik.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10677
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI .pdf3.36 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.