Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10672
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorIrma, Nur Aini-
dc.date.accessioned2020-11-12T01:23:33Z-
dc.date.available2020-11-12T01:23:33Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10672-
dc.description.abstractRumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah model Assessment For Learning melalui penilaian teman sejawat yang valid, praktis dan efektif pada materi lingkaran? Penelitian ini bertujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah model Assessment For Learning melalui penilaian teman sejawat yang valid, praktis dan efektif pada materi lingkaran? penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini mengembangkan Bahan Ajar dan RPP dengan menggunakan model pengembangan yang diadabtasi dari model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Sammel. Tahap-tahap yang dilalui sampai diperoleh Bahan Ajar dan RPP yang dikembangkan untuk mendukung kemampuan pemecahan masalah yang valid, praktis, dan efektif meliputi : 1) tahap pendefinisian, 2) tahap perencanaan, dan 3) tahap pengembangan. Uji coba dilakukan meliputi uji coba ahli/ validasi ahli, uji coba terbatas, dan uji coba lapangan. Uji coba lapangan dilakukan MTs Negeri 2 Medan pada kelas VIII-3 yang berjumlah 44 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar kepraktisan, tes hasil belajar siswa. Analisis kevalidan dan kepraktisan dilakukan dengan mengkonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif berupa nilai standar skala lima. Analisis data keefektifan dilakukan dengan cara menentukan persentase ketuntasan tes hasil belajar siswa. Penelitian ini menghasilkan Bahan Ajar dan RPP yang dikembangkan yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk mendukung kemampuan pemecahan masalah siswa. Untuk hasil validasi, praktis, efetif sebagai berikut: 1) validasi Bahan Ajar 4,35 (valid), 2) validasi RPP 4,27 (valid), 3) kepraktisan 4,38 (praktis), 4) efektif 81,41% (sangat baik). Berdasarkan hasil rincian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan model Assessment For Learning melalui penilaian teman sejawat untuk pembelajaran matematika.en_US
dc.subjectPengembanganen_US
dc.subjectModel Assessment For Learningen_US
dc.titlePengembangan Model Assessment For Learning melalui Penilaian Teman Sejawat untuk Pembelajaran Matematika pada Siswa MTs Negeri 2 Medan T.P 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf7.72 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.