Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10668
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMarpaung, Wulan Sari-
dc.date.accessioned2020-11-12T01:18:32Z-
dc.date.available2020-11-12T01:18:32Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10668-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis masalah, dengan model 4-D yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian ini menjadi 3-D yang dilakukan hingga tahap develop (Pengembangan). Perangkat pembelajaran berupa RPP, Bahan ajar, LKPD, Media dan THB yang sealanjutnya dilaksanakan uji coba perangkat tersebut dalam pembelajaran pada materi perbandingandan siswa SMP kelas VII SMP Muhammadiyah 48 Medan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode validasi. Data penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan layak untuk digunakan sesuai dengan validasi perangkat oleh pakar. Hasil yang diperoleh dari hasil validasi RPP sebesar 90,3% dengan kategori sangat layak, hasil validasi Bahan Ajar sebesar 86% dengan kategori sangat layak, hasil validasi LKPD sebesar 89% dengan kategori sangat layak, hasil validasi Media sebesar 86,6% dengan kategori sangat, hasil validasi THB sebesar 90,5% dengan kategori sangat layak. Hasil analisis tes hasil belajar siswa menunjukkan presentase ketuntasan secara klasikal sebesar 84,6% yang memiliki kriteria tuntasen_US
dc.subjectPengembangan Perangkaten_US
dc.subjectPembelajaran Berbasis Masalahen_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah di SMP Muhammadiyah 48 Medan T.P 2017/2018.en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf2.55 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.