Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10664
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHarahap, Tua Halomoan-
dc.date.accessioned2020-11-12T01:14:18Z-
dc.date.available2020-11-12T01:14:18Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10664-
dc.description.abstractPenilitian ini bertujuan untuk mengetahui : apakah pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 1 Medan T.P 2017/2018 ditinjau dari ketuntasan belajar siswa,aktivitas belajar siswa,kemampuan guru mengelola pembelajaran dan respon siswa.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII Terpadu 4 SMP Muhammadiyah 1 Medan T.P 2017/2018 yang terdiri dari 30 orang siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan pokok bahasan lingkaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen penelitian ini berupa soal tes,lembar observasi untuk aktivitas siswa,kemampuan guru mengelola pembelajaran,dan respon siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh peningkatan ketuntasan belajar dari hasil evaluasi siswa secara klasikal dengan kondisi awal (36%) yang tuntas,sedangkan (64%) yang tidak tuntas kemudian dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siklus I (66%) yang tuntas, sedangkan 10 orang siswa (34%) belum tuntas,siklus II semakin meningkat menjadi 27 siswa (90%) yang tuntas. Diperoleh peningkatan persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 56%,siklus II sebesar 79%. Diperoleh peningkatan persentase kemampuan guru mengelola pembelajaran pada siklus I sebesar 72%,siklus II sebesar 87%. Diperoleh peningkatan persentase respon siswa pada siklus I sebesar 64%,siklus II sebesar 85%. Berdasarkan rincian tersebut, dapat disimpulkan bahwa belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas VIII Terpadu 4 SMP Muhammadiyah 1 Medan T.P 2017/2018 adalah efektif terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari dari ketuntasan belajar siswa,aktivitas siswa,kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan respon siswa.en_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectModel Problem Based Learningen_US
dc.titleEfektivitas Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar MATEMATIKA pada Siswa SMP Muhammadiyah 1 MEDAN T.P 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NURHAMIDA.pdf4.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.