Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10660
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDelpia, Vera-
dc.date.accessioned2020-11-12T01:09:47Z-
dc.date.available2020-11-12T01:09:47Z-
dc.date.issued2018-02-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10660-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah model pembelajaran yang lebih baik dalam membentuk kemampuan disposisi matematis antara model pembelajaran time token dan model pembelajaran explicit instruction pada siswa MTs Islamiyah Medan T.P 2017/2018? Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah manakah model pembelajaran yang lebih baik dalam membentuk kemampuan disposisi matematis antara model pembelajaran time token dan model pembelajaran explicit instruction pada siswa MTs Islamiyah Medan T.P 2017/2018? Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Islamiyah Medan tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 60 siswa. Adapun sampel dalam penelitian adalah kelas VIII-A berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII-B berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen II. Untuk kelas eksperimen I, pembelajaran menggunakan model Time Token, dan kelas eksperimen II, pembelajaran menggunakan model Explicit Intruction. Instrumen yang digunakan berbentuk angket yang diujikan pada siswa diluar penelitian, dan observasi digunakan untuk melihat aktivitas siswa pada saat masing-masing diberi model pembelajaran yang berbeda. Hasil deskripsi penelitian diperoleh bahwa skor rata-rata kelas eksperimen I sebesar 95,57 dan kelas eksperimen II sebesar 92,67 termasuk kategori disposisi tinggi. .Berdasarkan hipotesis yang diujikan dengan uji-t diperoleh bahwa nilai thitung ≥ ttabel yaitu 2,7407 ≥ 2,0017. Dengan demikian dapat disimpulkan kemampuan disposisis matematis siswa yang menggunakan model Time Token lebih baik dibandingkan dengan model Explcit Intruction pada siswa MTs Islamiyah Medan T.P 2017/2018.en_US
dc.subjectKemampuan Disposisien_US
dc.subjectTime Tokenen_US
dc.subjectExplicit Intructionen_US
dc.titlePerbandingan Kemampuan Disposisi Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Time Token dan Model Pembelajran Explicit Intruction Pada Siswa MTs Islamiyah Medan T.P 2017/2018,en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf1.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.