Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10657
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHasibuan, Utari Prantika-
dc.date.accessioned2020-11-12T01:06:35Z-
dc.date.available2020-11-12T01:06:35Z-
dc.date.issued2018-01-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10657-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana perangkat pembelajaran matematika dengan model Realistic Mathematics Education hasil pengembangan pada siswa MTs. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP, Bahan ajar, LKPD, Media pembelajaran, dan perangkat penilaian berbasis Realistic Mathematics Education pada materi kesebangunan dan kekongruenan untuk siswa MTs kelas IX. Kualitas produk yang dikembangkan dinilai berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Prosedur Pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan 4-D, yaitu Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Desseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian dilakukan hingga tahan develop. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-3 MTs Negeri 2 Medan. Instrumen yang digunakan untuk mengkur kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar penilaian RPP, Bahan ajar, LKPD, Media pembelajaran, dan Perangkat penilaian untuk mengukur kevalidan perangkat tersebut.Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 3,85 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik. Skor rata-rata bahan ajar yaitu 3,73 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik. Skor rata-rata LKPD yaitu 3,83 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik. Skor rata- rata media pembelajaran yaitu 3,83 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik, dan skor rata-rata THB yaitu 3,79 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik.en_US
dc.subjectPerangkat Pembelajaran,en_US
dc.subjectRealistic Mathematics Education.en_US
dc.titlePengembangan Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa MTSen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI UTARI.pdf1.92 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.