Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10656
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorBanurea, Nurlaini-
dc.date.accessioned2020-11-12T01:04:35Z-
dc.date.available2020-11-12T01:04:35Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10656-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Advance Organizer dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah pembelajaran model advance organizer dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X MIA 2 pada materi sistem persamaan linier tiga variable?”. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan desain yang digunakan adalah postest dan pretest. Dalam penelitian ini peneliti pereran langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 2 SMA Muhammadiyah 1 medan yang berjumlah 36 orang. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama empat kali, yaitu dua kali pembelajaran konvensional dan dua kali pembelajarang menggunakan model pembelajaran Advance Organizer. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan rumus nilai rata-rata. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Advance Organizer dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas X MIA 2 SMA Muhammadiyah 1 Medan.en_US
dc.subjectAdvance Organizeren_US
dc.titlePenerapan model pembelajaran advance organizer untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa sma muhammadiyah 1 medan t.p 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf4.03 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.