Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10652
Title: Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Swasta Bina Satria Medan T.P 2017/2018
Authors: Hikmah, Nurul
Keywords: Model Pembelajaran Treffinger;Kemampuan Pemecahan Masalah
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : Apakah Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Dapat Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Kubus Dan Balok Pada Siswa Kelas VIII-3 SMP Swasta Bina Satria Medan T.P 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, sedangkan instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar. Sebagai subjek penelitian ini adalah Model Pembelajaran Treffinger pada siswa kelas VIII-3 SMP Swasta Bina Satria Medan Tahun pelajaran 2017/2018. Dalam penelitian ini siswa kelas VIII-3 SMP Swasta Bina Satria Medan berjumlah 39 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Hasil penelitian penelitian ini dibagi atas III siklus. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah belajar siswa dari siklus I diperoleh 25 siswa (64,10%) yang mencapai ketuntasan, sementara yang belum tuntas 14 orang (35,90%). Untuk hasil tes kemampuan pemecahan masalah belajar siswa dari siklus II diperoleh 28 siswa (71,80%) yang mencapai ketuntasan, sementara yang belum tuntas 11 orang (28,20%). Sedangkan untuk hasil belajar pada siklus III diperoleh sebanyak 34 siswa (87,17%) yang mencapai ketuntasan, sementara yang belum tuntas sebanyak 5 orang (12,83%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran treffinger dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran yang efektif untuk mencapai kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar siswa secara optimal.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10652
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI BARU.pdf4.47 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.