Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10577
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAmalia, Dina-
dc.date.accessioned2020-11-11T09:06:04Z-
dc.date.available2020-11-11T09:06:04Z-
dc.date.issued2018-04-05-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10577-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan mengidentifikasi ciri bahasa (fitur bahasa) pada teks laporan hasil observasi, dan mendeskripsikan apakah model problem based learning lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah oleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Medan Tahun Pembelajaran 2015-2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperiment dengan design posttest only design, yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mencari pengeruh antara dua variabel dengan menggunakan satu kali postes. Instrumen yang digunakan peneliti untuk mengukur keberhasilan model ini adalah tes esai. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammmadiyah 2 Medan yang berjumlah 57 orang siswa yang tersebar dalam 2 kelas, dimana tiap kelas terdiri dari 24 sampai 33 siswa. Kelas VII-A sebanyak 24 orang, kelas VI1-B sebanyak 33 orang. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata kelas ekperimen adalah 87,75 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 59,93, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model problem based leraning dapat memberi pengaruh positif terhadap kemampuan mengidentifikasi ciri bahasa (firur bahasa) pada teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Medan Tahun Pembelajaran 2015-2016. Hal ini terbukti dengan uji statistik yang dilakukan. Berdasarkan uji-t, dengan membandingkan thitung dengan ttabel diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,36 lebih besar dari 1,666 dengan demikian HO ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan model problem based learning terhadap kemampuan mengidentifikasi ciri bahasa (fitur bahasa) pada teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Medan Tahun Pembejaran 2015-2016.en_US
dc.titlePengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Mengidenntifikasi Ciri Bahasa (Fitur Bahasa) Pada Teks Laporan Hasil Observasi Oleh Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah 2 Medan Tahun Pembelajaran 2015-2016en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DINA AMALIA.pdf3.87 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.