Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10575
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAzhari-
dc.date.accessioned2020-11-11T09:05:51Z-
dc.date.available2020-11-11T09:05:51Z-
dc.date.issued2018-03-25-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10575-
dc.description.abstractSalah satu aspek yang terdapat dalam iklan adalah konsep atau ide cerita yang digunakan dalam sebuah iklan umumnya dibuat sesuai dengan kebenarannya, sehingga yang menyaksikan sebuah iklan benar adanya dan sesuai dengan penjelasannya. Iklan Syrup Marjan “saatnya marjan saatnya keceriaan” ide cerita yang diangkat yaitu memperkenalkan budaya adat Betawi dengan anak zaman sekarang yang lebih menyukai budaya luar. Penelitian ini dilatar belakangi karena iklan Syrup Marjan memiliki isi pesan yang terkandung didalamnya “Saatnya Marjan Saatnya keceriaan” menceritakan seorang anak yang memiliki perbedaan budaya dengan ibunya, anak tersebut menyukai budya luar sedangkan ibunya menyukai budaya adat Betawi, dan anak tersebut suka mengganggu orang lain. Kemudian ibunya datang menegur dan memarahin anaknya lalu si anak tersebut bersedih hati melihat ibunya memarahinya, untuk mengebalikan kecerian si anak ibu membuat Syrup Marjan rasa pandan decoco barulah anak kembali ceria seperti pesan yang ada dalam Syrup marjan “Saatnya Marjan Saatnya Keceriaan” Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan melakukan pengamatan terhadap iklan Syrup Marjan menggunakan pisau bedah semiotika Roland Barthes yang menggunakan denotasi, konotasi dan mitos. Malalui analisis ini, melihat tanda-tanda pada iklan Syrup Marjan “Saatnya Marjan Saatnya Keceriaan” Berdasarkan hasil analisis isi pesan, peneliti berhasil menemukan isi pesan yang didapat dalam iklan Syrup Marjan “Saatnya Marjan Saatnya Keceriaan” pesan yang terkandung didalam iklan. Menceritakan tentang anak zaman sekarang lebih tertarik pada budaya luar ketimbang budaya sendiri, anak zaman sekarang lebih manyukai bergaul dengan orang lebih tua ketimbang bergaul dengan teman seusianya dan anak zaman sekarang apa yang dikatakan orang tua tidak mau didengar terakhir iklan Syrup Marjan mengingatkan kita, walau berbeda-beda budanya kita harus saling membantu satu sama lain.en_US
dc.subjectSemiotikaen_US
dc.subjectAnalisis Isi Pesan Iklan Syrup Marjan “saatnya Marjan saatnya keceriaan”en_US
dc.titleAnalisis Isi Pesan “Saatnya Marjan Saatnya Kecerian” Pada Syrup Marjanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI AZHARI.pdf788.84 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.