Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10561
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorParinduri, Nurul Ulfa-
dc.date.accessioned2020-11-11T08:57:32Z-
dc.date.available2020-11-11T08:57:32Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10561-
dc.description.abstractTujuan dalam peneltian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Medan T.P 2017/2018. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-9 MTs Negeri 2 Medan yang berjumlah 36 siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model guided discovery pada materi lingkaran. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah tes tertulis yang berbentuk uraian sebanyak 3 tes yaitu tes awal, tes siklus I dan tes siklus II. Yang masing-masing terdiri atas 5 soal. Hasil analisis penelitian diperoleh dari 36 siswa pada tes awal terdapat 9 siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan persentase 25%, dengan hasil itu menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih sangat rendah. Pada siklus I terdapat 21 siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan persentase klasikal 58,33%, hasil ini belum mencapai ketuntasan klasikal sehingga harus dilanjutkan dengan siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 32 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar atau sebesar 88,89%, dengan hasil pada siklus II ini menunjukkan bahwa tujuan penelitian ini sudah tercapai karena terdapat ≥ 85% siswa yang telah tuntas belajarnya. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model guided discovery dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Medan pada materi lingkaran T.P 2017/2018en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Penemuanen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery), Hasil Belajaren_US
dc.subjectTerbimbing (Guided Discovery), Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery)en_US
dc.titlePenerapan Model Guided Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Medan T.P 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi.pdf17.12 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.