Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10535
Title: Pengaruh Model Think Talk Write Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Oleh Siswa Kelas X Sma Negeri 12 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018
Authors: Sari, Devita
Issue Date: 28-Sep-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis karangan deskripsi, oleh siswa kelas X SMA 12 N Medan Tahun Ajaran 2017-2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan design posttest only design, yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mencari pengaruh antara dua variable dengan menggunakan satu kali postes. Instrumen yang digunakan peneliti untuk mengukur keberhasilan model ini adalah tes esai menulis karangan deskripsi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA 12 N Medan yang berjumlah 177 orang siswa yang 4 kelas, dimana tiap kelas terdiri dari 35 sampai 39 siswa. Kelas X-1 sebanyak 39 orang, kelas X-2 sebanyak 40 orang, kelas X-3 sebanyak 40 orang dan kelas X-4 sebanyak 38 orang. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata kelas ekperimen adalah 78,43 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 59,18, dapat disimpul kan bahwa pembelajaran menggunakan model think talk write dapat memberi pengaruh positif terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi oleh siswa kelas X SMA 12 N Medan Tahun Ajaran 2017-2018. Hal ini terbukti dengan uji statistik yang dilakukan. Berdasarkan uji-t, dengan membandingkan thitung dengan ttabel diperoleh thitung>ttabel yaitu 7,07 lebih besar dari 1,665 dengan demikian HO ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan model think talk write terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi oleh siswa kelas X SMA 12 N Medan Tahun Ajaran 2017-2018.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10535
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DEVITA SARI.pdf683.61 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.