Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10507
Title: Tinjaun Pesan dan Makna Bahasa Visual Iklan JD.ID (Analisis Semiotika Iklan JD.ID Versi Komitmen)
Authors: Syahputra, Ade
Issue Date: 28-Mar-2018
Abstract: Penelitian berawal dari ketertarikan penulis terhadap dunia periklanan yang ditayangkan melalui media televisi terutama iklan JD.ID versi komitmen “memberi bukti bukan janji”. Kreativitas media iklan dalam menyajikan pesan dalam sebuah cerita untuk menarik konsumen. Hal ini terlihat dalam iklan JD.ID versi komitmen “memberi bukti bukan janji” dimana perusahaan ingin menarik kepercayaan konsumen untuk tertarik dalam aplikasi jual beli online. Untuk menjelaskan masalah yang akan penulis teliti, dirumuskan masalah sebagai berikut, pertama apa makna Denotasi, Konotasi dan Mitos pada iklan JD.ID versi komitmen “memberi bukti bukan janji” yang tayang ditelivisi dilihat dari perspektif semiotika Roland Barthes ? Dan kedua, apa pesan yang terkandung dalam iklan JD.ID versi komitmen “memberi bukti bukan janji” ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analis semiotik. Analisis semiotik merupakan cara atau metode untuk menganalisis dan memberikan makna-makna terhadap lambang-lambang yang terdapat pada suatu paket lambang-lambang pesan atau teks. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer: data yang diperoleh dari rekaman iklan JD.ID versi komitmen “memberi bukti bukan janji”, sumber data sekunder: data yang diperoleh dari studi kepustakaan, informasi media massa yang berhubungan dengan objek penulisan ini. Ditinjau dari Denotasi, Konotasi dan Mitos pesan yang ingin disampaikan peneliti mendapatkan hasil bahwa iklan JD.ID versi komitmen “memberi bukti bukan janji” untuk menarik kepercayaan konsumen, menguatkan janji dalam melakukan transaksi jual beli dalam online dan saling berterima kasih dalam kesepakatan melakukan jual beli, dimana JD.ID merupakan Mall online yang beroprasi di Indonesia.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10507
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ADE SYAHPUTRA.pdf3.72 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.